MEMOTRET SILUET

Gelap tak selalu buruk. Sisi gelap kadang menawarkan keindahan yang berbeda. Barangkali inilah salah satu filosofi mendasar dari teknik memotret siluet. Secara sederhana teknik memotret siluet diatikan sebagai teknik memotret yang menghasilkan objek gelap dengan latar belakang yang terang.

Untuk menghasilkan foto siluet dilakukan arah pengambilan gambar yang melawan cahaya (backlight). Dengan memanfaatkan arah cahaya natural biasanya teknik memotret siluet lazim digunakan pada saat matahari terbenam. Semburat warna jingga yang dihasilkan matahari terbenam menambah kesan unik dan eksotis foto siluet yang dihasilkan. 

Dulu sebagian orang menganggap foto siluet sebagai produk gagal atau cermin ketidakmampuan seorang fotografer. Tapi selera dan trend berkembang. Fungsi fotografi pun menjadi lebih bervariasi. Pada awalnya teknik fotografi digunakan untuk merekam momen-momen bersejarah dalam hidup. Sehingga sebuah kejadian masa lalu dapat dingat-ingat meskipun sudah berlalu lama. Seiring berkembangnya waktu, foto tak hanya jadi sebagai dokumentasi tapi juga karya seni, sehingga eksplorasi terhadap berbagai macam teknik fotografi pun bermunculan. Salah satunya teknik memotret siluet. 

Teknik memotret pada dasarnya tidak terlalu sulit, terlebih di tengah maraknya perkembangan kamera digital. Berikut teknik-tekniknya :

  1. Memposisikan objek dengan benar yaitu objek berada di depan cahaya sehingga urutannya adalah cahaya – objek – kamera dengan posisi lurus seperti prinsip gerhana total. Hal ini akan menyebabkan sisi objek yang menghadap kamera (tertangkap kamera) akan menjadi daerah gelap. 
  2. Pemilihan waktu yang tepat yaitu memanfaatkan momen matahari terbenam atau matahari terbit. Selain menggunakan sinar matahari sebagai sumber cahaya untuk membuat foto siluet, sumber cahaya lain seperti lampu jalan, lampu mobil dan sumber cahaya lain juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber cahaya. 
  3. Memperhatikan pengaturan kamera. Biasanya foto siluet diambil dengan ISO rendah untuk mengurangi noise dan menurunkan intensitas cahaya masuk. Pada kamera digital dan beberapa jenis kamera smartphone kita juga bisa mengunci fokus dan exposure agar komposisi cahaya pada foto bisa maksimal. 
  4. Latihan terus-menerus. Teknik fotografi tak hanya berbicara teori tapi juga keterampilan. Dan keterampilan akan terasah ketika dilakukan secara terus-menerus sembari melakukan evaluasi dan perbaikan.