MUSIM BUAH

Musim buah telah tiba. Bagi masyarakat yang memiliki pohon buah-buahan dan kesulitan menjualnya ke pasar, mereka cukup menjual di depan rumah-rumah mereka terlebih bagi mereka yang rumahnya di tepi jalan lintas seperti ini. Jalan ini berada di Desa Rambaian, biasanya dilalui masyarakat dari Desa Gembira, Teluk Kabung dan Simpang Gaung menuju Kota Tembilahan begitupun sebaliknya. Di saat curah hujan tinggi, jalan ini juga merupakan alternatif masyarakat dari Desa Sungai Empat dan Belantaraya yang ingin ke Kota Tembilahan.

Sebenarnya fenomena masyarakat berjualan buah-buahan di depan rumahnya tak hanya terjadi di Desa Rambaian. Masyarakat Desa Pulau Palas juga melakukan hal yang sama. Hanya saja karena ragam buah yang dijual lebih banyak maka periode jualannya pun lebih lama. Buah-buah yang dijual biasanya adalah buah-buah lokal yang dihasilkan oleh masyarakat Inhil seperti rambutan, manggis, sawo, kulipisan, kasturi dan jenis buah lain yang dihasilkan masyarakat lokal.

Dari beberapa pedagang yang ditanya mengapa menjual di depan rumah, alasan utamanya adalah karena jauhnya tempat menjual dan hasil panen yang diperoleh tidak terlalu banyak. Sementara di tingkat Desa belum ada yang bisa memfasilitasi pemasaran hasil panen buah masyarakat. Alasan-alasan tersebut membuat mereka memutuskan untuk menjual di depan rumahnya saja. Selain itu dari sisi rasa dan kualitas, buah-buahan lokal sebagian tidak mampu bersaing dengan buah-buahan yang masuk dari luar Inhil. 

Kalau diamati di Kota Tembilahan, buah-buahan yang dijual di pasar sebagian besarnya adalah buah-buahan dari luar Inhil. Kalaupun ada yang menjual buah-buahan lokal biasanya dijual di tempat yang berbeda dan sifatnya musiman. Meskipun belum sebanyak kelapa namun masyarakat yang menghasilkan produk hortikultura ini juga merupakan potensi ekonomi yang harus diperhatikan. Apalagi sebagian tanaman buah-buahan ini biasanya ditanam di lahan pekarangan dan lahan perkebunan milik masyarakat yang komoditas utamanya biasanya adalah kelapa dan pinang. Sementara untuk tanaman kelapa sawit memang jarang yang dikombinasikan dengan tanaman hortikultura.